Ulasan Aplikasi: StackEdit

Nama Software: StackEdit

Pembuat: Benoit Schweblin

Situs: http://stackedit.io

Lisensi: Apache License

Depedensi:

Markdown

Markdown merupakan format penulisan dokumen yang ditemukan oleh John Gruber. Markdown dibuat bertujuan untuk memudahkan penulisan dalam bentuk teks, dan memudahkan untuk dibaca (dikonversi) dalam format lain.

Sebetulnya untuk menulis dengan format Markdown kita bisa menggunakan text editor apapun, hanya saja untuk mengkonversi ke format lain kita membutuhkan aplikasi khusus. Di internet, banyak sekali pilihan markdown editor, salah satunya StackEdit.

StackEdit

StackEdit bisa dijalankan langsung dari peramban (browser) tanpa harus memasangnya ke sistem. Jadi, kamu tidak harus menunggu lama untuk mengunduhnya.

StackEdit

Fitur

1. WYSIWYG controls.

StackEdit menyediakan tombol khusus dibagian atas. Untuk yang belum tau atau sering lupa sintaks penulisan Markdown, tentu fitur ini sangat berguna.

WYSIWYG controls

2. Pratinjau langsung

Beberapa Markdown Editor tidak menyediakan pratinjau langsung. Jadi kita hanya dapat membayangkan hasil dari tulisan kita. Tetapi dengan adanya fitur ini di StackEdit, kita dapat dengan mudah melihat hasil akhir dari tulisan kita.

Pratinjau langsung

3. Publikasi

Fitur ini memudahkan kita untuk dapat langsung mempublikasikan tulisan ke beberapa situs. Seperti Github, Blogspot, WordPress dll.

Publikasi

4. Kolaborasi

Dengan fitur kolaborasi, kamu bisa menambahkan sebuah komentar atau langsung mengubah tulisan orang lain.

Kolaborasi

5. Sinkronisasi

Dengan fitur ini kamu dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi ke awan. StackEdit dapat melakukan sinkronisasi dengan Dropbox dan Google Drive. Tentunya itu sudah lebih dari cukup bukan ?. :)

6. Luring (Offline)

Mungkin kamu berfikir ketika menggunakan aplikasi berbasis web maka kamu membutuhkan koneksi yang cukup besar. Tapi tidak untuk StackEdit. StackEdit dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet. Tetapi fitur seperti kolaborasi dan sinkronisasi tidak berjalan ya.

Selain 6 fitur utama tadi, tentunya StackEdit masih punya banyak fitur lain seperti:

  • Tema
  • Menyisipkan daftar isi
  • GitHub Flavored Markdown
  • Format Latex
  • UML Diagram, dll.

Lengkap, kan~ :))

Kalo saya sendiri sih paling suka fitur kolaborasi. Biar gampang kalau mau nulis bareng gebetan.

Kalo kamu ?

Written with StackEdit.

2 thoughts on “Ulasan Aplikasi: StackEdit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>